Sunday, February 21, 2010

Makna Improvisasi Dalam Musik Jazz (Sepatah Opini)

Salah satu musik yang intense dalam berimprovisasi adalah musik jazz. Jazz adalah bahasa bermusik yang nilai seninya dapat dibilang tinggi. Jazz lebih menyerupai dialog/interaksi antara satu orang dgn yg lainnya.Karena tnpa improvisasi maka nama Jazz gak mgkin terdengar...Begitu pula halnya ketika kita mndngar komposisi jazz dari musisi jazz seperti Louis Armstrong, Ella Fitzgerald,Sarah Vaughan,Benny Goodman,Count Basie Big Band,sampai John Coltrane,Miles Davis,Wayne Shorter, sampai Wynton Marsalis,Branford Marsalis, Jhosua Redman,,...Kita seperti mendengar interaksi dlm menyanyikan maupun memainkan alat musik mereka,dan tampak tak ada egoisme dlm mnmpilkan skill permainan yg mereka punyai..Phrase2 yg dimainkan benar2 sesuai dgn isi lagu yg dibwakan sekalipun mrka baru mmpelajari lagu tersebut/ seperti menceritakan sesuatu.

Improvisasi Jazz yg dmikian luas teorinya...Dari improvisasi harmoni/reharmonisation/su
bstitusi,improvisasi line melodi, song form,rhyhmic, berimprovisasi dgn outside notes...dan sebagainya. Bahkan dibuat bermacam2/ lebih tepatnya penemuan cara2 baru dalam mengimprovisasi patten2,line2 jazz..Sebagai contoh Lydian Chromatic Concept,Triadic Chromatic Approach,dll yg bila kita pakai untuk berimprovisasi solo sudah amat cukup menghasilkan melodic line jazz yg amat rumit..Buku2 improvisasi jazz-pun amat bnyk (di luar sono),..

Buku yang aq rekomendasikan : Patterns For Jazz (Jerry Coker), How To Improvise (Hal Crook), Creative Jazz Improvisation (Scott Reeves), The Lydian Chromatic Concept Of Tonal Organization For Improvisation (George Russel)...Dan masih banyak lagi!!

Nah sekarng bagaimana kita mengambil filosofi dari improvisasi jazz??? Jazz gak akan pernah mati karena IMPROVISASI...Jazz gak mungkin eksis di dunia musik tanpa IMPROVISASI,

---Filosofinya adalah bagaimana mengembangkan,memperluas kemampuan kita dalam menjalani hidup ini....Hari ini Harus lebih baik dari hari kemarin..Bagaimana pula kita mampu mengkoneksikan diri kita dgn lingkungan sosial yg memiliki berbagai macam pattern hidup yg berbeda(atau cara bermain solo yg berbeda)...Setiap orang memiliki keunikan tersendiri yg bilamana digabungkan dalam sebuah kelompok sosial maka harus dibentuk harmonisasi yg luas (extension,substitution) supaya tidak terjadi konflik sosial dimana sumbernya adalah Egosentrisme yg tinggi diantara salah satu individu..Kontrol dalam kelompok sosial ini ada dalam diri masing2 dan secara global semua itu diatur oleh seorang Leader. Dan leader inilah yang mempengaruhi keseluruhan komposisi..Yang menciptakan Introduction Atau Ending yang enak dan sesuai..

Rasa hormat yang tinggi antar pemain inilah yang harus kita contoh..Yaitu ketika ada yang mengambil bagian solo satu choruse maka sang pengiring (accompanist) berusaha menjaga harmoni dan ritem. Mereka tau diri, kapan dan dimana harus mengambil solo (menunjukkan kelebihan dirinya)..

Jadi, Kesimpulannya......Dalam Subgenre/Style Jazz apapun yang tidak ada unsur improvisasi/bersolo ria "bukanlah musik Jazz yang SEJATI"....Kemurnian musik Jazz adalah Improvisasi...
Berkomposisi Jazz berarti harus mengedepankan improvisasi..

IMPROVISATION IS EVERYTHING!!!

No comments:

Post a Comment