Sunday, February 21, 2010

KITA ADALAH MANUSIA PEMBELAJAR !

       Pengetahuan yang telah kita peroleh selama edukasi di sekolah sering tidak "make sense" atau jarang ditemukan jejak-jejak neurologis. Pengetahuan pada dasarnya adalah untuk diketahui dan ditanamkan sehingga membentuk pengembangan diri yang berkelanjutan.

       Lingkungan sekolah umum di Indonesia adalah lingkungan pembelajaran yang membosankan. Bukan karena pelajaran-pelajaran yang kita serap, tetapi bagaimana kita menyerap pengetahuan-pengetahuan tersebut.

       Pendidikan adalah menguji hasil pengetahuan yang telah kita peroleh atau telah kita lukis dalam kertas kosong. Kertas kosong putih, yang langsung saja dituangkan tinta di atasnya. Tetapi kita tidak tahu apa sebenarnya tinta yang telah tercetak di kertas itu.

       Kritikan bagi pendidikan adalah ke-sistematis-annya yang tidak memberikan jalan keluar kepada kita sebagai generasi pembelajar untuk mengoptimalkan kemampuan kecerdasan kita.

       Dr. Howard Gardner seorang peneliti mengenai kecerdasan multi menemukan bahwa kita memiliki setidaknya 8 kecerdasan. Tiap-tiap kecerdasan secara unik dominan pada salah satunya.

8 Kecerdasan ini adalah :
LINGUISTIK (kecerdasan berbahasa)
MATEMATIK (kecerdasan matematis/menyelesaikan persoalan angka)
VISUAL/SPASIAL (kecerdasan visual/kecerdasan dalam melihat/menggambar)
KINESTHETIC (kecerdasan olah raga atau tubuh)
MUSIKAL (kecerdasan musikal atau kecerdasan mendengar)
INTERPERSONAL (kecerdasan berkomunikasi dgn orang lain)
INTRAPERSONAL (kecerdasan berkomunikasi dgn diri sendiri/pikiran bawah sadar)
dan INTUISI (kecerdasan menerima/menyadari informasi diluar kelima indra kita/sixth sense)




       Nah, padahal begitu banyak kecerdasan yang teridentifikasi oleh teknologi penelitian kecerdasan sekarang. Tetapi mengapa masih saja dari pihak-pihak tertentu sering menganggap kecerdasan itu sebatas intelijensi atau diidentikan dgn kecerdasan matematika saja?? Padahal bila kita mem-boost 7 kecerdasan yang lain, kita akan menjadi manusia yang sangat flexibel dan cenderung sukses di segala bidang.

       Ya beginilah kondisi Pendidikan Indonesia yang tertinggal oleh zaman. Kapan Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju? Ketika Bangsanya sendiri mengoptimalkan pembelajaran di semua kecerdasan ini.

        Sudah ! ! ! Sekarang bukan saatnya mencela atau me-label orang lain dengan kata "bodoh" ! Kita memiliki kecerdasan itu semua, namun BAGAIMANA KITA MENINGKATKANNYA DGN BELAJAR DAN BERLATIH..?

        Pendidikan dan sistemnya sekarang memang sudah terlanjur dikultuskan. Tetapi di tempat Bimbingan Belajar kita dapat memperolehnya. Tetapi saya tidak, yang penting kita "bernafsu" mencari pengetahuan dengan selalu membaca buku-buku pengembangan diri atau pengembangan otak bahkan kemampuan metafisik.

Mulailah saat ini ! JADILAH MANUSIA PEMBELAJAR !

No comments:

Post a Comment