Sunday, February 21, 2010

MElodic Minor dan Aplikasinya dalam Jazz dan musik lainnya (oleh Luthfi)

Barangkali kita jarang mndengar scale yg bernama Melodic Minor....yg sering qt dngar adalah Scale Mayor atau Harmonic Minor...Namun para jazz modernist saat ini sudah bnyk yg menggunakan scale yg satu ini dalam berimprovisasi ria..Contohnya Kurt Rosenwinkel,Jhosua Redman,Mark Turner, bahkan musisi jazz ternama Indonesia sprti Dewa Budjana,Arief Setiadi,Nikita Dompas jg mengaplikasikannya..Ya, mngkin ada bbrapa org musisi yg sudah terlanjur terekam dlm pikiran bawah sadarnya Scale mayor..Dan akhirnya bbrpa dari mereka mngganggap sound yg dihasilkan terasa dissonant..sebentrrr itu krna mrka blum mmbyasakan diri..hmmm jadi ap solusinya??? Ya qt harus mengerti struktur interval dari melodic minor/jazz minor...Dan yg psti tentunya sering mndengar berulang kali...Sehingga tercipta rekaman bwh sadar di limbik otak qt..hehehe

Mari qt mulai dari strukturnya....Yaitu 1 2 b3 4 5 6 7
Sedangkan mayor scale..yaitu 1 2 3 4 5 6 7...jd intinya qt tinggal mngubah nada 3 mnjadi b3...

Di dalam mayor scale qt sudah tau modes-modes sprti ionian,dorian,phrgyan,myxo
lydian,aeolian,locrian...Nah,di dalam melodic minor ini qt bklan mengenal nama2 baru...hehee

Yaitu:
1.Melodic Minor
2.Phrygian #6
3.Lydian Augmented
4.Lydian Dominant
5.Fifth Mode
6.Locrian #2 (Super Locrian)
7.Altered Scale

Yah..barangkali ada yg bilang.....Sebenarnya ngpain sih diberi nama2 aneh kyk gtu???
Yaah liyat sndiri deh ke Allan Holdsworth..bgmna dia nguasain bentuk2 akord,scale dan dia namai sndiri tnpa harus mlhat ke dlm teori yg sudah ada....

Scott Henderson dlm bukunya Jazz Guitar Voicing memasukkan aplikasi teori melodic minor ini ke dalam bentuk voicing yg mengacu pd scale melodic minor...

Berikutt aplikasinya.....Aq ngasih cntoh dgn root C
1) Cm(maj7)- pakelah C melodic minor
2) C7(alt) - pakelah Db melodic minor
3) C7(#11)- pake aja G melodic minorr
4) Cm7b5 - pake Eb melodic minor (nuansanya beda dikit ama locrian)
5)Cmaj7(#5)- pake A melodic minor (bernuansa bitonality/polychord)
6)Csusb9- pakek Bb melodic minor...(yg ini msh blum msuk jg ke otakq.hehehehee)

lho??? kmana yg atunya?? yaa itu si C7#5 dgn F melodic minor....mudahnya perfect forth aja...

Dalam melodic minor...yg paling menarik perhatian dan bersound paling dissonant yaitu Altered Scale....

Ehmmm......ya mngkin ini gak bgitu pntg untuk dunia permusikan di Indonesia...Tapiiii salah satu pintu pembuka untuk menginternasionalkan diri qt adalah dgn melodic minor ini....Qta bkaln mengaplikasikannya dalam komposisi yg ingin qt ciptakn dan improvisasi yg spontan yg qt mainkan...Bagi pemula dlm scale ini biasanya masih bingung dgn aplikasi scale ini.Nah ini yg tak boleh qt lakukan di atas panggung...Spontan adalah improvisasi....Jadi khatamkan scale ini dan Go to Improv Area !!!!

No comments:

Post a Comment