Mari qt mulai dari strukturnya....Yaitu 1 2 b3 4 5 6 7
Sedangkan mayor scale..yaitu 1 2 3 4 5 6 7...jd intinya qt tinggal mngubah nada 3 mnjadi b3...
Di dalam mayor scale qt sudah tau modes-modes sprti ionian,dorian,phrgyan,myxo
Yaitu:
1.Melodic Minor
2.Phrygian #6
3.Lydian Augmented
4.Lydian Dominant
5.Fifth Mode
6.Locrian #2 (Super Locrian)
7.Altered Scale
Yah..barangkali ada yg bilang.....Sebenarnya ngpain sih diberi nama2 aneh kyk gtu???
Yaah liyat sndiri deh ke Allan Holdsworth..bgmna dia nguasain bentuk2 akord,scale dan dia namai sndiri tnpa harus mlhat ke dlm teori yg sudah ada....
Scott Henderson dlm bukunya Jazz Guitar Voicing memasukkan aplikasi teori melodic minor ini ke dalam bentuk voicing yg mengacu pd scale melodic minor...
Berikutt aplikasinya.....Aq ngasih cntoh dgn root C
1) Cm(maj7)- pakelah C melodic minor
2) C7(alt) - pakelah Db melodic minor
3) C7(#11)- pake aja G melodic minorr
4) Cm7b5 - pake Eb melodic minor (nuansanya beda dikit ama locrian)
5)Cmaj7(#5)- pake A melodic minor (bernuansa bitonality/polychord)
6)Csusb9- pakek Bb melodic minor...(yg ini msh blum msuk jg ke otakq.hehehehee)
lho??? kmana yg atunya?? yaa itu si C7#5 dgn F melodic minor....mudahnya perfect forth aja...
Dalam melodic minor...yg paling menarik perhatian dan bersound paling dissonant yaitu Altered Scale....
Ehmmm......ya mngkin ini gak bgitu pntg untuk dunia permusikan di Indonesia...Tapiiii salah satu pintu pembuka untuk menginternasionalkan diri qt adalah dgn melodic minor ini....Qta bkaln mengaplikasikannya dalam komposisi yg ingin qt ciptakn dan improvisasi yg spontan yg qt mainkan...Bagi pemula dlm scale ini biasanya masih bingung dgn aplikasi scale ini.Nah ini yg tak boleh qt lakukan di atas panggung...Spontan adalah improvisasi....Jadi khatamkan scale ini dan Go to Improv Area !!!!
No comments:
Post a Comment