Sunday, February 21, 2010

Ber-AUTOMATIC WRITING Unconsciously

Tangan yang bermain dgn jari-jari menulis dgn begitu cepat tanpa berpikir (NO MIND) seperti gaya melukis Surrealism. Dimana tangan dibiarkan bergerak saja tanpa harus peduli ejaan yang tepat. Karena kebanyakan hambatan penulis adalah terlalu berfikir kritis tentang ejaan. Selalu terlatih untuk "membaca" adalah satu kunci dalam Automatic Writing. Mengutilisasikan segala hal yg ada di sekitar untuk "dibaca".

Pikiran bawah sadar menyimpan jutaan informasi melalui kelima indra, bahkan melalui ESP (Extra Sensory Perception). Pikiran yang cenderung menerima hal apapun tanpa "protes" ini melibatkan emosi yang sebagai jembatan menuju bawah sadar ini.

Mulailah menulis dan awali dengan "membaca". Membaca dalam kontext apapun. Membaca situasi, membaca buku, membaca pikiran, membaca sinyal bahasa tubuh, dan begitu byk kontext lainnya.

Hindarilah berpikir kata apa yang akan kita tuliskan. Tulis saja, ikuti tangan bergerak (dgn bimbingan bawah sadar). Bila dilakukan dgn timing tertentu, lakukan sesuai dgn temponya. Tulis apapun, walaupun cuma kata yang diulang-ulang, bahkan "waduh, apa-apa lagi, bingung nulis apa ya??".

Kita berada dikendali pikiran tercerdas kita. Semua indra akan dilibatkan tanpa sadar. Biarkanlah mengalir, kalau perlu berilah waktu untuk tergesa-gesa dlm menulis, misalnya buatlah waktu 1 menit untuk menulis 3 hlmn. Dengan begini, pikiran kritis kita tidak akan mengejar. Berpikir kritis membuat kreatifitas terhambat. Berpikir kritislah bila hasil sudah ada. Lakukan perbaikan, lakukan analisis, perbaiki diksi, ejaan, kata kerja, sifat, keterangan, dsb. Gunakan byk waktu disini untuk "menyunting".

Setelah tulisan berhasil dibuat dan disunting. Bagikan kepada siapapun. Biarlah orang mengkritik hasil karya seni kita. Bila mereka mengkritik, sebenarnya pikiran sadar mereka mengkritik pikiran bawah sadar kita.

Revisi kembali setelah berhasil kita bagikan dan dikritik. Lakukan penyempurnaan. Buatlah tema-tema yang sesuai /penjudulan yang tepat pada hasil karya alam bawah sadar kita.

Secara mentah membagikan karya Automatic Writing memang boleh dilakukan. Abstraksivitas yang muncul adalah bentuk seni yang masuk dalam aliran Surrealism. Seperti mengutilisasikan segala hal yang tanpa sadar ke dalam gerakan tangan dan font tulisan yang digunakan. Memastikan diri telah menguasai kelima indra adalah penting untuk menguraikan "cerita" untuk membawa pembaca menuju "trance".

Semua yang dituliskan disini juga "automatic writing" dari saya. Jadi berhati-berhati. Jangan percaya 80% tulisan disini apalagi 100%. Semua uraian disini adalah hasil scanning dari berbagai artikel mengenai Automatic Writing. Saya munculkan dan bangkitkan kemampuan AW disini dgn skill yang belum memadai. Perlu banyak berlatih.

"Setiap struktur kata, Setiap struktur frasa, Setiap struktur kalimat, Setiap struktur paragraf, Setiap struktur tema, adalah Pikiran Bawah Sadar" (Luthfi)

No comments:

Post a Comment