Sunday, February 21, 2010

Tiupan Slide Trombon Khas Jazz Improvisation Hal Crook

Nada-nada, harmoni, dan ritmis dengan kombinasi "pedagogy jazz" yang sangat mewarnai tiap improvisasinya. Seorang trombonist "gila" yang permainannya amat memukau. Growl technique dari slide trombonnya benar-benar humany. Seperti suara monster dalam sebuah lingkungan beratmosfir dingin. Iringan yang sungguh intelligent. Penuh dengan interpersonal communication dlm sebuah grup dgn pemain-pemain jazz kelas tinggi yang amat berfilosof tinggi.

Tidak ada yang terdengar resisten, malahan seperti selalu memberi sinyal "YA" antar pemain. Hal Crook sendiri adalah seorang Chef dalam Jazz Improvisation di Berklee. Tidak menimbulkan berbagai macam hal yang terdengar teoritis. Semua komposisinya mungkin didasari oleh profesinya sebagai Guru. Dengan harmoni yg cenderung advance, tapi membawakan "cerita" dgn baik dgn full improvisation maupun interplay yang manis.

Membaca, mendengar, memainkan kontent dalam bukunya How to Practice Improvisation sangat menyenangkan. Walaupun terkesan teoritis, tapi percayalah bukunya FULL OF PRACTICUM. Bahkan, di dalamnya mengandung berbagai strategi dalam berlatih improvisasi yang dianggap powerful untuk pendidikan Jazz. Pembagian improvisasi jazz dalam How To Play, What to Play, dan When to Play membuka pintu bagi player sekaligus menganalisis berbagai pola perilaku melodic, harmonic, dan rhythmic.

Komposisi Free Jazz-nya yang berkutat pada Tema membawa pendengar terbawa pada keliaran permainan trombonnya. Nuansa synthesizer trombon yang jadi signaturenya dapat dia pakai dalam kontext Post-Bop Jazz. Kolaborasinya dgn musisi jazz besar seperti Clark Terry, Mick Goodrick, Joe Diorio, George Garzone membuat ke-complex-an tanya jawab dan saling memberi tempat dengan sangat ekologis.

Range penggemar dari yg notabene Trombonist malahan cenderung tidak bgtu byk dibandingkan penggemarnya dari instrument yang berbeda. Saya sendiri melihatnya bukan sbg trombonist, tetapi pencipta Melodic Line yang pattern-patternnya sulit ditebak. Penuh dengan pengetahuan yang dibawakannya tanpa terpaksa dan terintegrasi dgn sempurna pada tiap improvisasi, reharmonisasi, komposisinya.

No comments:

Post a Comment