Friday, March 12, 2010

SEKARANG ATAU SETELAH X, Y, Z ?

Setelah membaca tulisan ini, entah kenapa ada yang berubah..Sambil menikmati spasi diantara kata-kata atau huruf, tercipta kesadaran otomatis untuk melanjutkannya..

Dan sebelum aku menuai atau menanam perkataan menjadi perbuatan,.Menumpahkan seganjil mungkin dialog dalam hati yang tak seorang manusia tahu kecuali Sang Pencipta..

Dan bahkan semakin mengobati perasaan senang berlebihan, perasaan itu semakin kuat..Bahkan ketika berulang kali terjadi dengan penyadaran pikiran yang terbangun kokoh..

Memetik kepercayaan tentang keyakinan yang menimbulkan motif baru dari setiap apa yang terlihat, terdengar, teraba, tercium, terkecap secara tidak sadar. Membangun keputusan yang menentukan jalan berpikir dengan membangunkan diri yang sebenarnya telah atau sedang tertidur.

Dan disini maupun disitu tertidur tak ada yang membangunkannya terkecuali diri sendiri. Bukan nasehat yang membangunkan, tapi dirinya sendiri.

Sambil membaca kembali setiap spasi...Diantara spasi adalah kata yang bermakna konotasi atau denotasi tergantung siapa dan bagaimana penafsir serta penafsirannya..

Dan spasi adalah anugrah bagi yang membaca. Bacalah ruang kosong itu, niscaya pemahaman justru bertambah seiring bingung mengiringi.

Mudahnya, mata kita mampu mengamati tiap detil huruf tanpa harus terganggu oleh verba-verba dan adjektiva yang bersliweran dengan acak. Susunan syntax terabaikan atau diabaikan pikiran sadar.

Apakah sesuai, kata hati kita dalam bermain-main dengan sebongkahan abjad yang barangkali membuat pikiran serta merta bingung?

Terjawab sendiri, retorika ini adalah jawaban mengenai mudahnya tangan kita menulis dengan berbagai gaya. Semua diperoleh dengan latihan yang sedikit demi sedikit mengantar ke negeri pengetahuan dan pengalaman yang murni terpatri bila terulang dengan persisten.

Dan sementara tulisan ini begitu pendek, mendamaikan diri dengan suara hati adalah jalan yang menjadi sebuah presuposisi untuk terus berkarya, sekarang..Atau setelah membaca tulisan ini....

....

....

No comments:

Post a Comment