Friday, March 12, 2010

BAHASA, APA PENTINGNYA?

Pemahaman akan sebuah ilmu yang memberikan jalan kepada ilmu-ilmu yang lain memudahkan dan mempercepat proses pembelajaran. Dan sambil bermain-main dengan bahasa, disinilah dimulai pemahaman mengenai pengetahuan. Bahasa, konsep pengkodean barangkali dimulai darinya. Bahasa adalah lambang untuk mengungkapkan "hal" yang berada di dalam diri kita dan luar diri kita.

Ketika berbondong-bondong orang mempelajari matematika, kimia, fisika, biologi, sosiologi, antropologi, ekonomi, geografi, dan ilmu2 yg lain, melulu mereka mempelajari bahasa. Apa yang diistilahkan, ditafsirkan, dan dikonsepkan tak mungkin jauh dari pem'bahasa'an teori yang yang rumit. Bahasa secara holistik (menyeluruh) adalah komunikasi yang dipakai untuk mengkomunikasikan dan menjalin relasi dan koneksi. Namun, berapa banyak dari kita yang membatasi konsep bahasa hanya pada bahasa Indonesia, bahasa Daerah, bahasa Inggris ? ? ? Matematika ya bahasa, bahasa angka-angka, simbol,logika, yang bila kita gak ngerti maksudnya ya kita tidak mungkin dapat berkomunikasi atau mengkomunikasikan hitung menghitung.

Sambil menghayati bahasa yang ruang lingkupnya yg begitu luas dibandingkan dgn disiplin ilmu yang lain, kita adalah subyek sekaligus obyek bahasa. Antara bahasa dan penguasaan suatu ilmu menunjukan bidang khasnya. Dapat didengar, dilihat, dan sekaligus dirasakan bagaimana seorang ahli fisika tidak lepas dari kata "gaya", "energi", "relativ", dsb. Dan bahasa adalah identitas yang sulit terlepas dari seseorang.

Makna, Definisi, Istilah, dan apapun itu merupakan hal yang paling esensial (dasar) dalam berpola bahasa. Semantik adalah lingkup bahasa yang mempelajari hal-hal diatas. Untuk apa berbahasa tanpa ada makna yang ingin diungkapkan ? ? ?

Dan saat ini kita menyadari, bagaimana bahasa adalah ilmu yang tak mungkin lepas dari disiplin ilmu yang lain. Bahasa yang kita gunakan menunjukan kualitas, keyakinan, atau kemampuan diri kita.

Dalam Epistemologi -> Bagaimana kita mengetahui Apa yang kita ketahui ???
Pelajarilah maknanya..

Berhati-hatilah berbahasa ! Kita memiliki suara hati yang dapat diajak berbicara, gunakanlah kemampuan alami ini. Dialog internal dahulu, setelah itu dialog external.

Dan ingat, bahasa bukan melulu apa yang diajarkan di sekolah. Semua yang terlihat dan terdengar disini, disitu, dan dimanapun adalah bahasa.

Asahlah diri dan temukan kebenaran dari apa yang ada serta carilah makna dari semua bahasa yang ada di bumi dan barangkali di dunia...

No comments:

Post a Comment